Pantai Siung, Keindahan Pantai di Gunungkidul

Helloindonesia.id – Selain kaya akan wisata budaya, Daerah Istimewa Yogyakarta juga memiliki banyak destinasi wisata alam yang menawan. Salah satunya adalah Pantai Siung.Pantai yang terletak di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus ini merupakan salah satu dari jajaran pantai yang dimiliki Kabupaten Gunungkidul. Pemandangan alamnya sungguh memikat. Pasir putih dan air lautnya yang berwarna biru serta suasananya yang tenang sangat cocok buat siapa saja yang ingin menyegarkan pikiran.

Siung beach
Siung beach

Dinamakan Pantai Siung karena adanya batu karang yang membentang di sisi timur dan barat pantai. Batu karang tersebut agak menjorok ke laut. Jika dilihat dari kejauhan, batu karang itu tampak seperti gigi taring kera atau siung wanara.

Pertama kali ditemukan oleh komunitas panjat tebing pada 1998, pantai ini tergolong baru dikenal. Pantai Siung kemudian resmi dibuka pada tahun 2000. Sejak saat itu, Pantai Siung dikunjungi oleh para wisatawan, baik yang sekadar untuk menikmati keindahan alamnya maupun yang ingin berolah raga panjat tebing.

Pantai dengan tebing menjulang di bagian barat ini memang cocok untuk kegiatan panjat tebing. Komunitas panjat tebing sering menggunakan pantai ini untuk kegiatan mereka. Di tempat ini bahkan pernah diadakan kompetisi panjat tebing, baik lokal maupun internasional. Tak heran bila pantai ini dijuluki sebagai Situs Panjat Tebing Terbaik di Yogyakarta.

Di tempat ini tersedia beragam fasilitas bagi pengunjung, seperti warung makan dan penginapan. Tersedia juga camping ground bagi yang hobi kemah, pendapa, parkir yang luas, serta banyak spot foto yang menarik.

Pantai Siung berjarak sekitar 75 km dari Yogyakarta, atau 36 km dari Wonosari, ibu kota Kabupaten Gunungkidul. Meski membutuhkan sekitar 2,5 jam dari pusat Kota Jogja untuk me, dengan jalan berkelok-kelok dan naik turun, rasa lelah akan terbayar lunas begitu Anda sampai di lokasi.

https://1001indonesia.net/pantai-siung-keindahan-pantai-di-gunungkidul/

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.