Menengok Agrowisata Aren di Desa Kekait, Lombok Barat

Air terjun tibu ijo, sumber : https://ngadem.com

Helloindonesia.id , Mataram – Di Desa Kekait, Kabupaten Lombok Barat, terdapat lembah yang banyak ditumbuhi pohon arena atau enau (Arenga Pinnata) dan menjadi tujuan pelancong untuk berwisata. Tempat bernama lembah Pusuk ini juga banyak tanaman mlinjo, nangka, langsat, kepundung dan durian.

Menengok Agrowisata Aren di Desa Kekait
Menengok Agrowisata Aren di Desa Kekait, sumber : https://www.validnews.id

Di dalam kebun ini jumlah pohon aren mencapai 60 persen dan tumbuh secara alami. Pengunjung bisa menjelajahi kawasan ini dengan berjalan kaki sejauh 1.250 meter ke dalam melalui jalan setapak yang pembangunannya dibiayai Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sebesar Rp 1,4 miliar. Di sana tersedia pula tempat parkir, galeri, brugak sasakatau gazebo.

Menurut Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Kekait Haji Mustaan (yang juga Ketua Asosiasi Aren Indonesia Wilayah Nusa Tenggara Barat), di kawasan ini pengunjung bisa menyaksikan pengolahan gula aren dari hulu ke hilir. ”Mulai dari proses penyadapan hingga produk jadinya,” kata Mustaan kepada Tempo, Rabu 21 November 2018.

Menurut warga setempat biasa mengolah air aren itu menjadi gula merah dan gula semut seperti gula pasir berwarna gading. Dari 10 liter aren, kata dia bisa menghasilkan satu kilogram gula semut. Mustaan mengaku memiliki 70 pohon aren, 40 pohon durian, 50 pohon Mlinjo.

Selain itu terdapat pula wisata air terjun bernama air terjun tibo ijo

 

Tibu Ijo ini menawarkan pemandangan dan suasana alam yang mengasyikkan ditengah perbukitan kebun aren. Kolamnya yang kehijauan dan bersusun mampu menghilangkan lelah selama perjalanan. Tidak hanya tracking, camping yang adan dapat nikmati di sana tentu anda dapat melihat masyarakat sekitar yang sedang memanen buah aren yang akan di olah menajadi gula aren dan tuak aren atau masyarakat Lombok menyebutnya dengan nama tuak manis, selain rasa yang sangat manis dan legit tuak manis ini juga dapat meningkatkan stamina tubuh.

Dimanakah air terjun Tibo Ijo ini…? baik Air Terjun Tibu Ijo ini berada di Desa KekaitKecamatan GunungsariKabupaten Lombok Barat (Lobar)Nusa Tenggara Barat (NTB). Lokasi ini tidak jauh dari pusat kota yang ada di Lombok. Dan disana anda akan disajikan dengan indahnya pemandangan perbukitan,kebun aren dan tentunya suasana yang sangan alami dan menyejukan.

Air terjun tibu ijo, sumber : https://ngadem.com
Air terjun tibu ijo, sumber : https://ngadem.com

Kenapa lokasi ini disebut dengan air terjun Tibu Ijo..? karna di bawah air terjun tersebut terdapat kolam yang tidak memiliki dasar, sehingga kolam tersebut memiliki warna hijau seperti itulah masyarakan sekitar menyebutnya.

Untuk menuju ke air terjun Tibu Ijo ini anda butuh waktu selama 20 menit atau kurang lebihnya sekitar 13 kilometer dari kota Mataram dan butuh waktu 15 menit dari pantai senggigi dan jalur ini sekaligus menuju pelabuhan Bangsal yang dapat di tempuh 20 menit saja dari Desa Kekait ini.

Untuk menuju ke lokasi ini saya sarankan anda untuk menggunakan kendaranan pribadi atau trevel ia, karna jika anda menggunakan angkutan umum akan sangat meyulitkan anda nantinya, dan di kaki bukit nanti ada salah satu rumah warga yang menyediakan lahan parker untuk kendaraan anda, cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 2.000,- saja untuk membayar parker kendaraan anda disana.

sumber : https://www.indonesia-tourism.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.