Pemuda Indonesia: Lakukan 8 Hal ini Sebagai Bukti Nasionalisme

Berbicara mengenai kekayaan alam Indonesia tentunya Anda harus bangga, keindahan dan kekayaan alam mulai dari laut, pantai, gunung, hingga hutan semua dimiliki oleh Indonesia. Apa yang tidak dimiliki oleh Indonesia? Salju? Indonesia memiliki gunung tertinggi yang terletak di Papua, di mana pada gunung tersebut terdapat salju dan perlu Anda ketahui bahwa Papua juga memiliki kangguru hewan yang sama dengan yang ada di Australia. Mengagumkan bukan?
Bagi pemuda Indonesia wajib hukumnya untuk bangga dan memiliki nasionalisme yang tumbuh di dalam diri. Mengapa? Sebab, Anda yang nantinya akan meneruskan bangsa ini di masa depan. Untuk memimpin Indonesia menjadi negara yang maju dan pantas bersaing dengan negara lainnya adalah jiwa nasionalisme yang tumbuh berdasarkan Pancasila.
Membahas mengenai nasionalisme, saat ini banyak dari pemuda Indonesia yang kurang menguatkan jiwa nasionalisme di dalam dirinya. Terlebih lagi saat ini kemajuan teknologi semakin canggih, dan banyaknya budaya asing yang masuk ke Indonesia. Agar Anda tetap memiliki jiwa nasionalisme, sebaiknya lakukan 7 hal ini:

1. Cintailah Produk Indonesia

Indonesia tidak hanya memiliki keaneka ragaman budaya dan alamnya, tetapi juga memiliki produk yang berkualitas. Banyak dari produk asli Indonesia yang diminati oleh mancanegara, sebut saja batik yang kini telah mendunia. Sebagai pemuda Indonesia sudah sepantasnya Anda mencintai produk Indonesia.

2. Mengingat Jasa Pahlawan

Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai segala jasa-jasa para pahlawannya. Tanpa jasa para pejuang, bisa jadi hidup Anda tidak seenak sekarang ini. Maka dari itu, sebagai pemuda Indonesia harus bisa mengingat dan menghargai apa yang telah diperjuangkan para pahlawan.

3. Bangga Akan Bahasa yang Dimiliki

Bahasa Indonesia adalah bahasa yang indah dengan kosa kata yang sempurna dan beragam. Selain itu bahasa indonesia adalah salah satu bahasa yang sangat diminati oleh warga asing untuk dipelajari. Bahkan, terdapat 45 negara di dunia yang berminat untuk mempelajarinya dan termasuk dalam 10 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dan sangat populer di Australia, dan menjadi bahasa resmi kedua di Vietnam.

4. Belajar & Berprestasi

Pemuda Indonesia harus bisa mengharumkan nama bangsa di manapun Anda berada, untuk dapat mengharumkan bangsa Indonesia. Anda bisa memulainya dengan cara belajar dalam segala hal baik pendidikan formal maupun non-formal, serta berprestasi di bidang apa pun yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang patut dibanggakan di mata dunia.

5. Memiliki Perilaku yang Sopan

Memiliki ilmu dan keahlian segudang harus diimbangi dengan perilaku yang sopan. Sebagai pemudi dan pemuda Indonesia biasakan untuk bersikap ramah, sopan, dan menghargai siapa pun yang Anda temui. Selain itu tumbuhkan rasa kepedulian antar sesama, yang dapat dilakukan dengan hal yang simpel. Seperti, membuang sampah pada tempatnya, menjaga lingkungan, tolerasi antar sesama umat beragama, dan hal lainnya.

6. Konsisten Taati Peraturan

Salah satu bentuk nasionalisme adalah dengan cara menaati peraturan yang ada di dalam negara tersebut, sekecil apa pun peraturannya tidak ada salahnya untuk Anda taati. Segala bentuk peraturan dibuat untuk mengatur negara tersebut sesuai dengan koridornya, tanpa memberatkan pihak mana pun.

7. Bersifat Demokrasi

Memahami perpedaan antar umat beragama, dan menyelesaikan semua permasalahan dengan cara musyawarah adalah ciri-ciri Anda memiliki jiwa demokrasi. Pemuda Indonesia harus memiliki jiwa demokrasi, agar dapat menghargai satu sama lain dalam segala bentuk apa pun. Seperti konsep dasar dari pancasila yaitu Bhineka Tunggal Ika, meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu.

8. Saling mendukung

saling mendukung adalah satu hal yang pernting untuk di lakukan , dalam hal ini adalah konteks dalam hal yang baik. saling support dalam penelitian , dalam berkarya, dalam menjaga alam , dalam mengelola sumber daya wisata alam dan lain lain. ketika bisa berkejasama gotong royong pasti semua aakn berjalan lebih mudah , dan akan lebih ringan.

Sebagai pemuda Indonesia yang nantinya akan membangun masa depan, sudah sepatutnya memiliki jiwa nasionalisme yang tumbuh dan berkembang di dalam sanubari. Dengan banyaknya budaya asing yang masuk ke dalam kehidupan pemuda Indonesia, seharusnya semakin membuat sikap nasionalisme menguat. Untuk itu pemuda Indonesia harus melakukan 8 hal di atas sebagai bukti nasionalisme Anda masih ada untuk Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.